10 Cara Memasaran Produk Secara Online

Sumber : blog.arfadia.com

10 Cara Memasaran Produk Secara Online РMenerapkan metode pemasaran online dianggap sebagai strategi yang ampuh untuk memperkenalkan produk baru. Beberapa perusahaan menggunakannya sebagai opsi tambahan untuk pemasaran offline, sementara yang lain menggunakannya sebagai metode utama.

10 Cara Memasaran Produk Secara Online

Sumber : blog.arfadia.com

nbcaugusta – Baik sebagai strategi utama atau strategi alternatif, Di kutip dari arfadia.com pemasaran online memiliki banyak keunggulan yang berdampak positif pada produk Anda, antara lain:

  • Pengumpulan Data Terukur

Berbagai alat pemasaran online (seperti Ahrefs, Google Ads, dan Analytics) memudahkan perusahaan untuk mengumpulkan data dari analitik. Dengan menggunakan kedua alat tersebut, Anda dapat secara langsung maupun tidak langsung mengamati pengaruh dari strategi pemasaran yang diterapkan. Dibandingkan dengan strategi offline, strategi offline tidak memberikan tingkat kesuksesan yang terukur sebagai cara untuk memasarkan produk baru.

  • Paparan Dalam Jangka Waktu Panjang

Banyak strategi pemasaran online untuk mendongkrak penjualan yang membuat proses berkelanjutan hingga eksposur jangka panjang. Dengan cara ini, Anda akan dapat menarik audiens secara tepat sehingga meningkatkan keuntungan Anda secara signifikan. Metode pemasaran secara offline biasanya tidak berlangsung dalam waktu yang singkat dan tidak dapat memberikan manfaat ini. Selain itu, bila ingin memperpanjang kontrak periklanan, Anda juga harus memberikan anggaran yang cukup besar.

  • Penargetan Audiensi Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan dari pemasaran online adalah penargetan audiens yang lebih mudah. Anda tidak perlu menghubungi calon pelanggan secara langsung, karena strategi efektif seperti SEO, jika dilakukan dengan benar, akan mempercepat jaringan. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar mengenali kebutuhan pasar dan konsumen agar dapat menargetkan kelompok yang sesuai.

  • Memperlihatkan Hasil Real-time

Kecepatan pemasaran online tidak hanya meringankan beban Anda dari menempatkan konten hingga pengambilan data. Metode akses yang lebih praktis memungkinkan Anda memperoleh data dan informasi secara real time. Situasinya sangat berbeda ketika Anda mempromosikan produk melalui TV, radio, atau media cetak lainnya. Untuk mendapatkan hasil, Anda harus menunggu beberapa hari atau minggu.

Strategi Pemasaran Online Untuk Produk Baru

Apakah pemasaran produk online adalah strategi yang ingin Anda gunakan? Setelah memahami kelebihan  kelebihannya, Anda bisa melanjutkan dengan Strategi Pemasaran Online dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga : Fakta Kasus Pembunuhan Pegawai Bank Di Bali

1. Adakan Giveaway Sebelum Peluncuran

Sumber : sosiakita.com

Jika Anda ingin produk Anda dikenali dan dijual dengan cepat, harap bangun antusiasme dan ekspektasi audiens beberapa minggu atau bulan sebelum peluncuran produk. Ukuran populer yang sering dilakukan para pebisnis adalah memegang hadiah.

Anda bisa menggunakan banyak konsep. Ini termasuk kompetisi fotografi, penghargaan kreativitas slogan paling kreatif, produk rilis terbatas, dan banyak lagi. Pastikan jenis hadiah yang dipilih memiliki aturan sistem dan mudah diikuti oleh pendengar.

2. Meningkatkan Visibilitas Organik

Sumber : dewaweb.com

Dengan kata lain, perbarui SEO yang telah Anda instal. Sekarang, mesin pencari seperti Google lebih memperhatikan konten organik. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan platform untuk promosi, harap fokuskan pengaturan Anda pada fitur-fitur berikut:

Kata kunci. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, berpikirlah seperti pelanggan yang Anda targetkan. Jika Anda ingin mencari produk yang Anda butuhkan, kata kunci apa yang akan dikandung mesin pencari?

Deskripsi meta. Deskripsi meta adalah ringkasan dari apa yang muncul di hasil pencarian. Karena isinya pendek, pastikan meta description yang Anda posting bisa membangkitkan rasa penasaran penonton.

Paragraf pembuka. Seperti deskripsi meta, paragraf pembuka Anda harus menarik dan informatif. Ini karena konsumen biasanya meninggalkan konten saat pembukaannya penuh dengan omong kosong atau kerumitan.

3. Unggah Konten yang Bisa Dibagikan

Sumber : digitalmama.id

Cara lain untuk memasarkan produk baru adalah dengan mengunggah konten yang dapat dengan mudah dibagikan. Sekarang, bukan rahasia lagi bahwa konten memainkan peran penting dalam menentukan keputusan konsumen. Dalam kasus ini, fokus Anda tidak akan terbatas pada desain konten.

Pastikan konten yang akan ditampilkan (baik berupa teks, gambar maupun video) bisa dibagikan di berbagai media sosial. Karena promosi audiens gratis, langkah ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik.

4. Ciptakan Sistem Rekomendasi (Referral Marketing)

Sumber : blog.usetada.com

Meskipun pemasaran online memiliki banyak keunggulan, metode tradisional (seperti dari mulut ke mulut) tampaknya masih memberikan efisiensi yang tinggi untuk penjualan produk. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkannya untuk meningkatkan strategi online Anda.

bagaimana dengan itu Siapkan sistem dengan menawarkan sistem rujukan, kupon, diskon, atau pengiriman gratis untuk pembelian tertentu. Cara ini diyakini akan secara efektif mendorong konsumen untuk merekomendasikan produk yang mereka beli kepada teman-temannya.

5. Optimasi Kecepatan Website untuk Bisnis

Sumber : gapurahoster.co.id

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kecepatan adalah kunci sukses pemasaran online. Konsumen tidak akan menghabiskan waktu menunggu halaman situs web dimuat sepenuhnya. Mereka akan pindah ke tempat lain yang lebih cepat.

Untuk mencegah calon pelanggan “melarikan diri”, harap optimalkan kecepatan situs web untuk menghindari waktu pemuatan yang berlebihan. Misalnya menggunakan gambar atau foto yang tidak terlalu beresolusi tinggi tapi jernih, dan tidak akan pecah saat diperbesar.

6. Jaga Hubungan dengan Konsumen

Sumber : frontlinerservices.wordpress.com

Selain fokus pada strategi SEO dan metode online lainnya, jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan konsumen. Tidak hanya pelanggan lama yang pasti tidak akan dengan mudah meminta bantuan pesaing, tetapi juga mereka yang masih meragukan produk Anda.

Salah satu langkah tersisa yang dapat Anda lakukan adalah memberikan titik kontak. Oleh karena itu, ketika mereka akhirnya membutuhkan produk Anda, mereka dapat segera menghubungi Anda.

Baca juga : 10 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Mudah

7. Bangun Hubungan dengan Influencer

Sumber : marketingcraft.getcraft.com

Dapat dikatakan bahwa selebriti internet adalah “raja dan ratu” dalam strategi toko online / pemasaran digital. Layanan mereka biasanya digunakan untuk memasarkan produk baru. Ini karena influencer memiliki pengikut setia dan mereka akan mengikuti saran mereka.

Jika Anda berencana menggunakan layanan mereka, harap jalin hubungan baik dengan orang lain. Misalnya, dengan memasukkan dan melampirkan sampel gratis. Selain itu, pastikan influencer yang Anda butuhkan memiliki ceruk yang sesuai dengan produk yang Anda luncurkan.

8. Jangan Abaikan Layanan Pelanggan

Sumber : wartaekonomi.co.id

Dalam pemasaran online seringkali layanan pelanggan atau customer service diabaikan, padahal disinilah konsumen akan menilai profesionalisme Anda sebagai pebisnis. Ketidakpastian atau ketidakmampuan bersikap ramah merupakan dua faktor yang memotivasi konsumen untuk pindah ke tempat lain.

Dengan pemasaran online, Anda harus bisa memberikan layanan pelanggan terbaik. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan banyak kontak yang bisa dihubungi. Anda juga dapat menggunakan bot obrolan untuk memberi Anda layanan 24 jam.

9. Siapkan Daftar FAQ Sebelum Peluncuran Produk

Sumber : ofiskita.com

Ketika suatu produk dipasarkan, calon konsumen biasanya menanyakan berbagai pertanyaan. Beberapa di antaranya biasanya sama, membuat lelah saat menjawab. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menyiapkan masalah umum atau daftar masalah umum.

Seperti namanya, daftar ini berisi pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen. Anda dapat memulai dengan informasi dasar tentang produk, dan kemudian meningkatkan dan mengajukan pertanyaan baru seiring bertambahnya pelanggan.

10. Pemasaran Lewat E-mail Marketing

Sumber : kirim.email

Sama efektifnya dengan SEO, pemasaran email akan memberi dampak positif pada promosi produk. Disisi lain, cara ini juga dapat meringankan Anda untuk mengumpulkan database pelanggan, yang nantinya dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru ke dalam evaluasi penjualan.

Dengan cara ini, email yang Anda kirim akan dibaca dan tidak menjadi spam, merupakan gaya konten pribadi, dan mengadopsi desain yang mencolok. Beri judul seolah-olah email yang akan dikirim ke kotak suratnya berasal dari teman dekat.